Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….

Salam sejahtera bagi kita semua…

            Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur atas berkat dan ridho’Nya sehingga Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dapat menyelesaikan pembuatan website.

Website adalah salah satu alat penunjang dan sebagai media informasi di internet yang terdiri dari kumpulan halaman-halaman web beserta file-file pendukungnya (file gambar, video, dan file digital lainnya). Perkembangan dunia internet yang sangat pesat banyak membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan perangkat yang terkoneksi dengan internet karena melalui internet setiap lembaga/institusi dapat memasarkan kinerjanya secara global dan masyarakat dengan mudah memperoleh informasi. Kehadiran website ini adalah dalam rangka pelaksanaan keterbukaan informasi publik untuk mewujudkan asas transparansi dan akuntabilitas.

            Dalam website ini akan disajikan informasi yang menyangkut kinerja Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara dalam melaksanakan tugas dan wewenang Kejaksaan RI sebagaimana diatur dalam UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI, yaitu :

1.   Bidang Pidana

a.   Melakukan penuntutan;

b.   Melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;

c.   Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat, putusan pidana pengawasan, dan            keputusan lepas bersyarat;

d.   Melakukan penyidikan terhadapa tindak pidana  tertentu berdasarkan Undang-undang;

e.  Melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dililmpahkan  ke Pengadilan yang dalam pelaksanaannya di koordinasikan dengan penyidik.

2.      Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara;

    Kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik didalam maupun diluar pengadilan untuk dan atas nama Negara atau Pemerintah.

3.      Bidang Ketertiban dan Ketenteraman Umum ;

     a.      Peningkatan kesadaran hukum masyarakat ;

     b.      Pengamanan kebijakan penegakan hokum ;

     c.       Pengawasan peredaran barang cetakan ;

     d.      Pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan Negara ;

     e.       Pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama ;

      f.        Penelitian dan pengembangan hukum serta statistik kriminal ;

Selain tugas dan wewenang Kejaksaan tersebut, akan disajikan juga kinerja Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan lainnya.

Untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi pelaksanaan tugas dan wewenang Kejaksaan RI tersebut, maka didalam Menu Utama situs website ini akan ditampilkan data-data yang dibagi dalam beberapa bagian yaitu Pembinaan, Intelijen, Pidana Khusus, Pidana Umum, Perdata dan Tata Usaha Negara, Pengawasan, serta bagian lainnya menyangkut profil, peraturan, sarana, berita, galeri, daftar Kejari se- Sumatera Utara.

Demikianlah kata sambutan ini, semoga website Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara memudahkan masyarakat untuk memperoleh Informasi Publik, dan sebagai sarana untuk memberikan sumbangsih pemikiran kinerja Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

 

Sekian dan terima kasih.

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

                                                                                                                                                                    KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SUMUT

                                                                                                                                                                        DR BAMBANG SUGENG RUKMONO