Berita

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, mengikuti buka puasa bersama, jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara di Kantor Kajati Sumut Jalan AH Nasution Medan.


Tampak hadir Sekdaprovsu Nurdin Lubis, Kajatisu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara Abdul Rahim, Ketua DPRD, Saleh Bangun, Ketua MUI Sumut Abdullah Syah, Pelaksana Walikota Medan Zulmi Eldin, Ust.Maratua Simanjuntak dan puluhan undangan lainnya.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera utara, dalam sambutannya mengucapkan, terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tamu yang datang. Menurutnya berbuka puasa bersama yang digelarnya bertujuan untuk memperkuat tali silaturahim diantara jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera utara, FKPD dan masyarakat.

Buka puasa juga untuk menyambut Hari Bhakti Adhiyaksa ke-53, sebuah momen bagi jajaran korps Kejaksaan  untuk terus meningkatkan kinerja, prestasi dan peran penegakan hukum di tengah masyarakat.

Ustad  Maratua Simanjuntak dalam tausiahnya menerangkan tentang manusia sebagai mahluk yang berakal akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT.

Lebih jauh dijelaskan, dengan akal pula manusia saling berhubungan dengan manusia lainnya. Sedikitnya ada tiga jenis hubungan manusia dengan manusia lainnya yaitu, Ukhuwah Basyariyah yaitu hubungan manusia kepada manusia lainnya secara keseluruhan yang dengannya  manusia adalah bersaudara karena berasal dari keturunan nabi Adam As.

Kedua, Ukhuwah Wathoniyah yaitu hubungan sebangsa setanah air. Kita yang sebangsa adalah saudara. Dan cinta tanah air adalah bagian dari iman, tegasnya