Berita

Berkas perkara tindak pidana korupsi Bupati Tobasa Selasa (3/3/2015) sekira pukul 11.00 Wib dilimpahkan ke pengadilan Tindak Pidana Korupsi Negeri Medan.

Sebelumnya Tahap II atau penyerahan Tersangka dan Barang bukti untuk berkas perkara dengan Tersangka PKS selaku Bupati Tobasa, terkait dugaan Tindak pidana korupsi dan Pencucian Uang dalam kegiatan pembebasan tanah lokasi pembangunan Base Camp PLTA Asahan III, yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 4,4 Milyar telah dilakukan oleh Penyidik Poldasu dan selanjutnya diserahkan kepada Tim Jpu pada Kejaksaan Tinggi Sumut pada hari Selasa lalu tertanggal 17 Pebruari 2015.

Proses berikutnya Tim Jpu Kejati Sumut dan Kejari Balige setelah menyusun surat dakwaan untuk Tersangka dalam berkas perkara tersebut dan pada hari ini Selasa tanggal 3 Matet 2015 sekira pukul 11.00 Wib berkas perkara tersebut dilimpahlan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan. Berkas perkara berikut surat dakwaan turut dilampirkan dalam pelimpahan berkas perkara dan dalam surat dakwaan yang disusun Tim Jpu, Tersangka didakwa dengan pasal berlapis yakni Pasal 2 Ayat 1 sub Pasal 3 UU no 31 Tahun 1999  jo UU No 20 Tahun 2001  jo Pasal 3 atau Pasal 4 UU no 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat 1 Ke 1 Kuhpidana dan setelah pelimpahan berkas perkara tsb,  Tim JPU segera menyidangkannya dengan menunggu penetapan hari persidangan dari Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan.