Berita

Hari ini kamis 26 Maret 2015 sekira pukul16.00 WIB, Tim penyidik Kejati Sumut kembali melakukan penahanan terhadap 3 tersangka terkait dalam dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian Kredit karyawan kepada karyawan PT. Pertamina medan melalui koperasi karyawan Pertamina UPMS-1 Medan dengan mengajukan fasilitas kredit kepada Bank BRI Agro Jl S Parman Medan.
 
Ke 3 para tersangka tersebut masing masing :
1. KA selaku Ketua KOPKAR PT. Pertamina UPMS-1Medan
2. SM selaku Kepala Cabang Pembantu BRI Agro S Parman Medan
3. BW selaku Account Officer BRI Agro Cab. Pembantu S Parman Medan.
 
Kredit karyawan yang dimohonkan dari Kopkar PT. Pertamina ke BRI Agro Medan sebesar Rp. 25 Milyar dengan jumlah karyawan sejumlah 500 yang diajukan pada Tahun 2012 namun dalam pelaksanaannya para karyawan tidak ada menerima kredit yg disalurkan melalui Bank BRI Agro.
 
Dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh Tim Penyidik Kejati Sumut terindikasi kerugian negara sebesar Rp. 18 Milyar dan terhadap 3 Tersangka masing-masing dijerat dengan UU Tindak Pidana Korupsi,  juga disangka dengan pasal UU Tindak Pidana Pencucian Uang (MONEY LAUNDRING) khusus terhadap Tsk dengan inisial KA selaku Ketua Kopkar Pertamina UPMS-1 Medan.
 
Tim Penyidik melakukan penahanan berdasarkan pasal 21 (1) KUHAP dengan pertimbangan terhadap ke 3 Tersangka tersebut akan melarikan diri, merusak/menghilangkan barang bukti dan dikhawatirkan mengulangi tindak pidana serta utk mempercepat dalam proses penyidikan yang sedang dilakukan, selanjutnya Tim Penyidik dalam waktu dekat akan segera melimpahkan hasil penyidikan ke JPU dalam tahap penuntutan untuk kemudian dilimpahkan ke Pengadilan.