Berita

Kamis tanggal 30 Juli 2015, Tim Penyidik Kejati Sumut kembali melakukan penahanan terhadap Dua pejabat di RSUD T. Mansyur Kota Tanjung Balai-Asahan. Keduanya, yakni Hj Sudarti selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Asril selaku Ketua Layanan Pengadaan langsung dititipkan di Rutan dan Lapas Wanita Tanjunggusta Medan.

Penahanan dilakukan setelah pihak penyidik menetapkan kedua sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan yang bersumber dari APBN-P tahun 2012 dengan pagu anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Sebelum dilakukan penahanan keduanya telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Begitu pula dari hasil penelusuran tim penyidik menemukan adanya dugaan kerugian negara sebesar Rp1,5 milyar dari anggaran Rp 5 milyar, dari hasil perhitungan sementara yang dilakukan oleh pihak BPKP Sumut.

Penahanan terhadap kedua tersangka dilakukan berdasarkan keterangan saksi-saksi dan alat-alat bukti yang diperoleh dari para distributor, bahwa telah terjadi pemahalan harga yakni dengan cara melakukan mark up terhadap Harga Perkiraan Sendiri (HPS).

Sehingga tim penyidik melakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara di Tanjung Gusta selama 20 hari dari sekarang.