Kejatisu Tak Lupakan Jasa Para Pahlawan
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), DR Bambang Sugeng Rukmono, MM, MH memimpin upacara perayaan hari ulang tahun Kejaksaan ke -56 di lapangan halaman belakang Kantor Kejatisu, Jalan Abdul Haris Nasution Medan, Jumat (22/7).
Upacara yang dihadiri oleh seluruh Jaksa dan pegawai dari Kejatisu dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan serta Kejaksaan Negeri (Kejari) Belawan dimulai pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 10.00 Wib kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Medan kemudian diadakan upacara singkat sebagai penghormatan terhadap para pahlawan.
Turut juga hadir pada saat upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke -56, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Baginda Polin Lumban Gaol SH didampingi Asisten Intelijen Kejatisu, Nanang Sigit Yulianto, SH, MH, Asisten Pidana Khusus DR Asep Nana Mulyana SH MHum, Asisten Pengawasan, Tambok Nainggolan, SH. MH , Asisten Pidana Umum Kejatisu Zulbakar.SH.MH, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara I Made Astiti Ardjana,SH,MH, Kabag TU Kejatisu Darma Bela Timbas, SH, MH serta Humas Kejatisu, Bobbi Sandri, SH, MH dan Kasi III Intelijen Kejatisu, Marcos M Simare-mare, SH, MH yang merupakan Komandan Upacara pada Hari ulang tahun Kejaksaan tersebut, serta dihadiri juga oleh seluruh Para Kasi dan Jaksa di jajaran Kejatisu.
Sekitar halaman upacara yang dipenuhi oleh pasukan warna coklat juga diisi dengan berbagai spanduk yang bertuliskan tema hari bhakti Kejaksaan tahun ini yaitu tingkatkan integritas, profesionalisme dan displin diri menuju Kejaksaan yang mumpuni, mandiri dan terpuji.
Kajatisu, DR Bambang Sugeng Rukmono, MM, dalam amanatnya kepada seluruh peserta upacara mengatakan, bahwa dalam momentum memperingati Hari Bhakti Adhyaksa kali ini, Kejaksaan khusunya jajaran Kejatisu harus tetap menjaga posisinya sebagai pendukung dan pengawal keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.
Lanjutnya, harus disadari bahwa peran penegakan hukum yang dilakukan adalah berkontribusi mewujudkan tujuan nasional, masyarakat adil dan makmur.
Kemudian Kajatisu juga membacakan Sembilan Perintah Harian Jaksa Agung sbb;
1.      Jadilah insan Adhyaksa, aparat penegak hukum yang berintegritas, dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjaga harkat martabat sebagai insan Adhyaksa yang patut diteladani.
2.      Tanamkan kejujuran, ketulusan, keikhlasan dan kesungguhan dalam melaksanakan setiap tugas dan kewenangan sebagai bentuk jati diri insan Adyaksa yang layak dipercaya dan dihargai.
3.      Tingkatkan kemampuan dan kompetensi agar mampu menjawab setiap tantangan dan perkembangan secara cerdas, benar dan mumpuni.
4.      Jaga semangat keteguhan hati, menjaga konsistensi demi terwujudnya penegakan hukum yang menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran hakiki.
5.      Mantapkan kemandirian, kemerdekaan, kemerdekaan dan independensi dilandasi kebersihan jiwa dan hati nurani.
6.      Memegang teguh komitmen dan idialisme pengabdian diri sebagai modal dasar dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sehari-hari.
7.      Kedepankan keluhuran etika, sikap dan perilaku dalam mengaktualisasikan diri sebagai aparat penegak hukum yang terpuji.
8.      Tumbuh kembangkan kepekaan dan kepedulian atas harapan dan ekspetasi masyarakat dengan manghadirkan penegakan hukum yang baik, benar dan adil sebagai solusi.
Jaga keharuman profesi, tingkatkan kerja keras dan semanggat pengabdian demi ketentaraman mengawal dan mendukung keberhasilan program dan pembangunan bagi kejayaan negeri.
Usai upacara kantor Kejatisu, Kajatisu beserta rombongan peserta upacara bergerak menuju Taman Makam Pahlawan Medan Jalan Sisimanggaraja Medan untuk melaksanakan ziarah dan upacara singkat dalam rangka menghormati para pahlawan.
Usai  upacara singkat di Taman Makam Pahlawan, Kajatisu beserta rombongan upacara kembali ke kantor Kejatisu untuk melaksanakan acara hiburan disertai makan siang dengan seluruh para keluarga dan masyarakat sekita yang hadir beserta puluhan wartawan yang hadir meliput acara ulang tahun tersebut.
Pada acara hiburan, panitia Hari Ulang tahun Kejaksaan ke -56 mengumumkan para pemenang yang mendapatkan hadiah hiburan dan para pemenang kegiatan olahraga dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan kemarin.
Sebelumnya, dalam rangka hari Bhakti Adyaksa berbagai kegiatan dilakukan jajaran Kejatisu, acara yang berlangsung selama dua pekan ini meliputi, pertandingan sepak bola antara bidang dan antara Kejari, pertandingan tenis meja, pertandingan catur, pertandingan dam batu serta perlombaan pebuatan surat dakwaan bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) pangkat 3B dan Pangkat 3A. Kemudian, juga telah dilaksanakan kegiatan donor darah di Kantor Kejatisu dan kegiatan Anjangsana berupa bhakti sosial ke Panti sosial serta perlombaan siswa berprestasi bagi anak pegawai Kejatisu.