Kepala kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), DR. Bambang Sugeng Rukmono, MM MH melantik Dua Asisten dan Tiga Kajari di jajaran Kejatisu di Lantai Tiga Aula Sasana Cipta Kertha Kejatisu, Senin (13/02) Jalan Abdul Haris Nasution Nomo 1 C Medan.
Asisten dan Kajari yang dilantik tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI No: KEP-IV-052/C/01/2017 tanggal 20 Januari 2017 yaitu sebagai berikut, Asisten Intelijen Kejatisu Idianto, SH, MH menggantikan Nanang Sigit Yulianto, SH, MH yang mendapatkan promosi jabatan bertugas sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) pada Kejaksaan Agung RI di Jakarta. Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejatisu Drs. Muhammad Naim, SH menggantikan Zulbakar, SH, MH yang selanjutnya ditugaskan sebagai Kabag TU pada Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung RI di Jakarta.
Selanjutnya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) yang dilantik, Kajari Padang Sidimpuan Firmansyah, SH, MH menggantikan Nadda Lubis, SH, MH selanjutnya ditugaskan sebagai Kajari Kabupaten Probolinggo, Kajari Belawan Yusnani, SH, menggantikan Muhammad Syarifuddin, SH, MH yang selanjutnyadipromosikan sebagai Asisten Pembinaan pada Kejaksaan Tinggi NTB, dan Kajari Serdang Bedagai Jabal Nur, SH, MH menggantikan Erwin Panjaitan, SH yang selanjutnya dipromosikan sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Gorontalo.
Acara yang dimulai pukul 08. 00 Wib tersebut dihadiri oleh Para Asisten serta Kabag TU dan para Koordinator di Kejatisu serta para Kajari sejajaran Kejatisu dan para Kasi dari Kejaksaan Negeri yang baru dilantik tersebut serta dihadiri Ketua dan pengurus IAD Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.
Kajatisu DR. Bambang Sugeng Rukmono, MM MH, dalam sambutanya di acara pelantikan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan promosi dan mutasi adalah bagian dari pergerakan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai, sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja. Oleh karena itu kegiatan ini agar dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.
Ditegaskan Kajatisu, bahwa parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab kepada negara.
“Mutasi dan promosi ini sebagai jawaban atas kebutuhan organisasi yang dirahakan untuk memperbaiki dan mereform tatanan birokasi Kejaksaan sehinga menghasilkan pelayanan publik yang prima dalam rangka menjalankan tugas penegakan hukum agar kemudian terbangun kepercayaan publik terhadap institusi Adyhaksa yang kita cintai ini” ucap Kajatisu kepada seluruh peserta sertijab.
Selanjutnya Kajatisu berpesan kepada para Asisten dan Kajari yang baru, agar para Asisten dan Kajari yang baru dilantik untuk segera melakukan adaptasi di wilayah kerja masing-masing dan segera menyusun serta menerapkan kebijakan manajerial dan operasional penegakan hukum sesuai dengan karekteristik wilayah tugasnya.
“Saudara-saudara harus melakukan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional terhadap jajaran saudara, sehingga setiap pelaksanaan tugas dan wewenang dapat berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku dan berpedoman pada kebijakan pimpinan yang telah ditetapkan, sehingga pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan citra dan wibawa Kejaksaan di mata masyarakat” pesan Kajatisu kepada Para Asisten dan Kajari yang baru.
Kajatisu menambahkan, agar para pimpinan yang baru segera melanjutkan prioritas penyelesaian penyelesaian penanganan perkara dalam setiap unit kerja dan diharapkan para pimpinan memberikan pengarahan kepada personil masing-masing terkait penanganan perkara dan demikaian juga kepada Aspidum dikarenakan dalam waktu dekat ini akan berlangsung proses Pilkada dibeberapa wilayah maka agar segera dikoordinasikan dan konsolidasikan untuk menyiapkan jaksa-jaksa yang memahami dan mempunyai kemampuan dalam penegakan tindak pidana pemilu yang dalam penangananya membutuhkan kecepatan dan ketepatan serta koordinasi yang tinggi antar instansi untuk terwujudnya pemilihan umum yang jujur dan adil.
Selanjuntnya Kajatisu mengucapkan selamat kepada Asisten dan Kajari yang baru dilantik serta mengucapkan selamat bekerja ditempat tugas yang baru dan mengharapkan agar bekerja nantinya harus berperan aktif tanpa menonjolkan arogansi kekuasaan ataupun dengan menggunakan besarnya kewenangan yang saudara miliki terapkan pola saling asih, asah dan asuh dengan tetap mengedepankan disiplin dan ketegasan.
“Saudara haruslah memberdayakan aparat Kejaksaan yang ini merupakan menjadi tanggung jawab pembinaan oleh saudara untuk bersama-sama membangug persepsi yang baru terhadap Kejaksaan baik di pusat maupun di daerah dengan senantiasa berpegang teguh pada sumpah jabatan yang baru saja saudara-saudara ucapkan dengan hikmat dan penuh rasa tanggung jawab kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang Maha Mengetahui” tegas Kajatisu.
Kajatisu juga mengucapkan selamat kepada keluarga Asisten dan Kajari yang baru dilantik serta tidak lupa kepada Para Asisten dan Kajari yang lama, dalam hal ini Kajatisu atas nama Korps dan pribadi mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan kerja yang selama ini telah diberikan. Usai pelantikan para pimpinan yang dilantik langsung kembali ketempat yang ditugaskan dan demikian juga di jajaran Kejatisu kembali melaksanakan tugas seperti biasanya. (Yos/ika)