Sekretaris Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Sesjamwas Kejagung RI), Feri Wibisono, SH, MH, CN beserta tim dari Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) melakukan inspeksi umum di kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Jumat (10/02/2017).
Kedatangan Sesjamwas langsung disambut Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), DR Bambang Sugeng Rukmono MH, MM dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu), Baginda Polin Lumban Gaol, SH, MH beserta para Asisten dan para Kasi yang ada di Kejatisu dan beberapa Jaksa Fungsional di pintu masuk kantor Kejatisu.
Sesjamwas yang datang didampingi beberapa Irmud dan Pemeriksa dari Jamwas Kejagung langsung melakukan inspeksi dibeberapa ruangan yang ada di kantor Kejatisu. Inspeksi pertama dilakukan dibeberapa ruangan di Seksi Pidana Umum dan Seksi Intelijen serta Seksi Pidana Khusus yang berada di Lantai satu dan dilanjutkan ke Lantai Dua Bidang Perdata dan Tata Usaha negara serta Bidang Pembinaan serta Bidang Pengawasan.
Asisten Intelijen Kejatisu, Nanang Sigit Yulianto, SH, MH yang mendampingi Tim dari Kejagung ketika melakukan Inspeksi dikantornya mengatakan bahwa, inspeksi umum Jamwas Kejagung dilakukan diseluruh Indonesia dan secara rutin dilakukan oleh pihak Kejagung, dan tidak ada sangkut pautnya terhadap dugaan atau apapun sehingga adanya inspeksi.
Tambanhnya, Inspeksi merupakan salah satu alat kontrol manajemen yang bersifat efektif dan secara luas sudah banyak diterapkan dalam upaya menemukan masalah yang dihadapi dilapangan, termasuk untuk memperkirakan besarnya resiko. Kegiatan inspeksi merupakan salah satu uapaya yang bersifat “proactive” bertujuan untuk memastikan apakah fasilitas kerja yang ada dilapangan telah dikelola dengan baik (well-managed). Dengan inspeksi, kita akan memperoleh umpan-balik yang sangat berharga bagi manajemen dalam merencakan tindakan perbaikan.
Untuk diketahui, Tim Jamwas juga melakukan Inspeksi umum sehari sebelumnya ke Kejari Deli Serdang, Kejari Karo, Kejari Dairi, Kejari Humbang Hasudutan, Kejari Tapanuli Utara dan Kejari Toba Samosir dan pada Jumat sore akan pulang kembali ke Jakarta. (Yos/ika)