Medan : Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menggelar upara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Kejatisu Jalan AH Nasution Medan, (1/10) diikuti seluruh pegawai Kejatisu, Kejari Medan dan Kejari Belawan.

Upacara dipimpin oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajatisu) Yudi Sutoto yang juga diikuti para Asisten seperti Asbin Akmal Abbas, Asdatun Munasim, Aswas Firdaus, Asintel Leonard Simanjuntak, Jaksa senior, Koordinator dan Kasi dilingkungan kerja Kejatisu.

Pembacaan Pancasila dan UUD 1945 menjadi bagian dari acara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilingkungan kerja Kejatisu.

Secara terpisah, Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian menyampaikan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum bagi kita untuk merenungkan kembali nilai-nilai Pancasila, merenungkan kembali Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

“Pancasila jika diamalkan sila per sila akan menjadi penuntun kita dalam berbangsa dan bernegara. Makna Pancasila sebagai pandangan hidup adalah sebagai pedoman atau petunjuk atau arahan dalam melaksanakan semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang,” tandasnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia bersumber pada nilai-nilai religius dan akar budaya bangsa Indonesia yang diyakini mampu memandang, memecahkan masalah yang dihadapi secara tepat, pandangan hidup tersebut memiliki landasan fundamental, yaitu Pancasila.

Penanaman nilai-nilai Pancasila yang belakangan ini semakin memudar, tambahnya perlu keseriusan semua elemen untuk lebih mengingatkan kembali arti pentingnya memahami dasar negara kita Pancasila.