News |    
Selamat Hari Bhakti Adhyaksa Ke 60 Tanggal 22 Juli 2020, Jaksa Agung Minta Insan Adhyaksa Bersikap Profesional dan Berintegritas | Sambut HBA dan HUT IAD, Kejatisu Gelar Upacara Ziarah di TMP | Sambut HBA, Kajati Sumut Ramah Tamah Dengan Wartawan | Sambut HBA ke-60 dan Ulang Tahun IAD yang ke-20 Kejati Sumut Salurkan 5.824 Paket Sembako | Mantan Pemimpin Divisi Treasury Bank Sumut, Maulana Akhyar Lubis, didakwa melakukan korupsi terkait investasi yang dilakukan Bank Sumut. Perbuatan Maulana disebut menyebabkan kerugian keuangan negara senilai Rp 202 miliar. | Kajati Sumut Hadiri Rakor Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Sumut | 

TUGAS DAN WEWENANG KEJAKSAAN

Berdasarkan Pasal 30 Undang Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, berikut adalah tugas dan wewenang Kejaksaan.

Di bidang pidana

1. melakukan penuntutan;
2. melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;
3. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat, putusan pidana pengawasan, dan keputusan lepas bersyarat;
4. melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan undang- undang;
5. melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan ke pengadilan yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik.

Di bidang perdata dan tata usaha negara :
1. Kejaksaan dengan kuasa khusus, dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah.Dalam bidang ketertiban dan ketenteraman umum, Kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan:
2. peningkatan kesadaran hukum masyarakat;
3. pengamanan kebijakan penegakan hukum;
4. pengawasan peredaran barang cetakan;
5. pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara;
6. pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama;
7. penelitian dan pengembangan hukum serta statistik kriminal.

 


  Berita Terbaru